Cara Memasang Keramik Lantai

Rumah merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh sebuah keluarga. Karena rumah memiliki andil yang besar di dalam sebuah keluarga. Bukan hanya menjadi pelindung untuk anggota rumah namun juga menjadi tempat beristirahat dan berkumpul bersama dengan anggota keluarga. Di dalam rumah elemen yang perlu diperhatikan adalah lantai. Lantai ini berguna untuk menutupi tanah yang ada di bawah rumah. Kebanyakan rumah saat ini menggunakan keramik sebagai lantainya. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara memasang keramik lantai yang benar. Berikut ini beberapa cara memasang keramik yang harus diperhatikan :

  • Merendam keramik

Salah satu cara memasang keramik lantai yang tidak boleh dilewatkan adalah perendaman keramik. Perendaman ini dilakukan agar keramik mudah saat dipasang dan menjadi lebih elastis. Perendaman ini biasanya dilakukan minimal 3 hari. Dan hal ini merupakan hal wajib saat memasang keramik. Agar nantinya keramik menempel dengan sempurna pad lapisan di bawahnya.

  • Lantai dasar kuat dan rata

Sebelum melakukan cara memasang keramik lantai, pastikan lantai dasar yang akan dipasangi keramik sudah kuat dan rata. Karena lantai dasar yang tidak rata nantinya akan membuat susunan keramik menjadi tidak rata juga. Lantai dasar yang kuat dan rata nantinya akan membuat pemasangan keramik menjadi maksimal, sehingga keramik tidak mudah rusak dan kuat.

  • Buatlah garis bantu

Sebelum anda melakukan cara memasang keramik lantai, pasang terlebih dahulu garis bantu yang biasanya menggunakan benang. Garis bantu ini selain memudahkan dalam pemasangan juga akan membuat penataan keramik menjadi pas dan rapi. Kemiringan keramik akan teratai bila menggunakan garis bantu ini.

  • Pemilihan keramik yang tepat

Salah satu hal yang paling diperhatikan dalam cara memasang keramik lantai adalah bahan keramik itu sendiri. Agar pemasangan keramik mudah anda dapat memilih keramik yang memiliki kualitas tinggi atau sedang. Selain itu keramik yang memiliki kualitas bagus juga akan lebih awet.

  • Perhatikan selisih keramik

Dalam melakukan cara memasang keramik lantai yang tidak boleh dilupakan adalah selisih jarak antara keramik. Selisih yang ideal adalah 0,2 hingga 0,5 mm. Selisih ini sangat diperlukan agar antara keramik tidak saling bertabrakan, karena keramik yang bertabrakan pastinya akan mudah pecah.

  • Gunakan air semen sebagai perekat

Dalam cara memasang keramik lantai, anda harus memastikan bahwa daya rekat keramik tinggi. Untuk perekat anda dapat menggunakan air semen, yakni dengan mengoleskan air semen sedikit demi sedikit pada bagian belakang keramik. Air semen yang digunakan harus benar-benar bersih dari kerikil, batu atau kotoran lainnya supaya daya rekat menjadi maksimal.

  • Ketuk saat pemasangan

Saat meletakkan keramik, keramik harus diketuk-ketuk. Hal ini bertujuan saat melakukan cara memasang keramik lantai udara di bawah keramik keluar (tidak ada rongga udara). Kemudian pasang nat setelah 3 hari. Dan selama 3 hari keramik tidak boleh diinjak orang.

Itulah beberapa tips atau cara memasang keramik lantai yang harus diperhatikan. Agar keramik dapat terpasang dengan maksimal, usahakan untuk melakukan semua cara tersebut tanpa satu hal pun yang terlewat.

Cara Memasang Keramik Lantai | admin | 4.5